Traveler IQ
The Traveler IQ challenge ranks your geographic knowledge against 9,964,417 other travelers. Brought to you by TravelPod, a member of the TripAdvisor Media Network

Rabu, 24 April 2013

Alasan mengapa manusia berkeringat dan fungsinya



Tahukah kamu jika keringat merupakan salah satu hasil sistem ekskresi yaitu dari kulit, keringat dapat keluar jika kita kepanasan ,kelelahan ,dan mungkin saat anda kurang nyaman.

Fakta yang mencengangkan adalah jika kita banyak berkeringat kemudian kita tidak mengiringinya dengan minum air yang banyak juga kita bisa terkena dehidrasi serta jika kita banyak berkeringat maka kita juga akan jarang merasa buang air kecil.





Alasan manusia berkeringat !

Saat anda bersepeda ke atas bukit, mengayuh sepeda sekeras yang Anda bisa. Kau hampir tiba sana dan  apa ini? Punggung Anda semua basah dan begitu juga wajah Anda. Jangan khawatir - itu hanya keringat!

Tubuh Anda bekerja paling baik bila suhunya sekitar 98,6 º F (37 º C). Ketika tubuh Anda akan lebih panas dari itu, dan otak Anda tidak menyukainya - otak ingin tubuh agar tetap sejuk dan nyaman. Jadi bagian dari otak Anda yang mengontrol suhu, yang disebut hipotalamus ,lalu hipotalamus mengirim pesan ke tubuh Anda untuk berkeringat guna mengatur suhu tubuh.

Kemudian kelenjar khusus di kulit Anda disebut ? Kelenjar keringat mulai membuat keringat. Keringat juga dikenal sebagai kelenjar keringat , dan dibuat hampir sepenuhnya air, dengan sejumlah kecil bahan kimia lain seperti amonia yang menyebabkan keringat itu bau, urea , garam, dan gula. (Amonia dan urea yang tersisa ketika tubuh Anda memecah protein.)

Keringat membuat kulit Anda melalui lubang-lubang kecil yang disebut pori-pori. Ketika keringat keluar diudara bebas, udara membuatnya menguap (ini berarti mengubah dari cairan menjadi uap). Sebagai keringat menguap dari kulit Anda, dan membuat Anda dingin kembali.

Keringat adalah sistem pendinginan yang besar, tetapi jika Anda berkeringat banyak di hari yang panas atau setelah bermain keras Anda bisa kehilangan terlalu banyak air melalui kulit Anda. Kemudian Anda perlu untuk mengembalikan cairan dalam tubuh Anda dengan minum banyak air sehingga Anda tidak akan mengalami dehidrasi (kekurangan cairan tubuh).




Mengapa Keringat Bau?

Keringat tidak hanya basah - dapat menjadi semacam bau juga. Tapi waktu berikutnya Anda mendapatkan bau sendiri setelah berkeliaran di luar dan ingin menyalahkan kelenjar keringat Anda, tunggu!

Keringat sendiri tidak berbau sama sekali. Ini adalah bakteri yang hidup di kulit Anda yang bercampur dengan keringat dan memberikan bau bau. Dan ketika Anda mencapai pubertas, hormon khusus mempengaruhi kelenjar di ketiak Anda - kelenjar ini membuat keringat yang benar-benar bau saat menciumnya.

Untungnya, biasa cuci dengan sabun dan air biasanya dapat menjaga keringat bau di bawah kontrol. Banyak remaja dan orang dewasa juga menemukan bahwa memakai deodorant atau antiperspirant yang cukup membantu.

Jadi jangan khawatir tentang sedikit keringat - itu benar-benar normal dan keringat orang. Kadang-kadang terlalu banyak berkeringat dapat menjadi tanda bahwa ada sesuatu yang salah dalam tubuh, tapi ini jarang terjadi pada anak-anak. Jika Anda melihat lebih keringat, biasanya hanya tanda bahwa sudah waktunya untuk mulai menggunakan deodorant atau antiperspirant (zat pengurang bau tubuh).

Tapi jika Anda berpikir Anda memiliki masalah keringat, berbicara dengan orang tua atau dokter Anda tentang hal itu.


Maka janganlah takut untuk berkeringat, karena berkeringat ternyata mempunyai manfaat yang bagus untuk tubuh.

0 komentar:

Posting Komentar

the hardest game ever