Traveler IQ
The Traveler IQ challenge ranks your geographic knowledge against 9,964,417 other travelers. Brought to you by TravelPod, a member of the TripAdvisor Media Network

Selasa, 30 April 2013

Penyebab terjadinya penyakit hemofilia dan penjelasanya


Apakah kamu tahu apa itu hemofilia ?apakah hanya penyakit darah. tentu bukan,
dan mengapa hemofilia banyak menyerang anak laki-laki .

Hemofilia adalah kelainan genetik di mana darah seseorang tidak menggumpal sehingga jika si penderita hemofilia terkena luka di tubuhnya maka darah akan terus mengalir karena darah sukar dan sulit membeku.



Seseorang yang memiliki hemofilia memiliki kecenderungan untuk berdarah berlebihan.hal ini mungkin bisa diartikan agar si penderita tidak kehabisan darah.
apakah benar ?

Sedikit Tentang Darah
Jika darah Anda membeku dengan normal , tubuh Anda secara alami melindungi dirinya sendiri. Trombosit, yang "sel yang sangat lengket," pergi ke tempat dimana terjadi pendarahan dan akan berusaha menutupi lubang atau luka tersebut. Ini adalah langkah pertama dalam proses pembekuan. Ketika trombosit pecah, mereka melepaskan zat kimia yang menarik trombosit yang lebih lengket dan juga mengaktifkan berbagai faktor pembekuan, yang tidak lain adalah protein dalam darah dan enzimnya.

Protein ini bercampur dengan trombosit untuk membentuk serat, yang membuat bekuan kuat dan menghentikan pendarahan. Tubuh kita memiliki faktor pembekuan yang bekerja sama untuk membuat fibrinogen , substansi yang membuat serat. Masalah dimulai jika tubuh kehilangan satu dari faktor-faktor ini.



Seseorang dapat memiliki salah satu dari dua jenis hemofilia, A atau B. Itu tergantung pada faktor pembekuan mereka rendah. Jika seseorang menghasilkan 1% atau kurang dari faktor terkena, kasus hemofilia disebut parah. Seseorang yang menghasilkan 2% sampai 5% memiliki kasus moderat, dan seseorang yang menghasilkan 6% sampai 50% dari tingkat faktor terkena dianggap memiliki kasus ringan hemofilia.

Mengapa Anak-anak bisa terkena hemofilia?

Hemofilia hampir selalu mempengaruhi anak laki-laki. Kenapa? Karena penyakit ini merupakan kelainan genetik terkait-X, ditularkan dari ibu ke anak. Anak laki-laki mendapatkan kromosom X  dari ibu mereka dan kromosom Y dari ayah mereka. Jika ibu membawa gen hemofilia pada salah satu kromosom X-nya (anak perempuan memiliki dua kromosom X), masing-masing anak-anaknya akan memiliki kesempatan 50% memiliki hemofilia.

Seorang ibu yang carrier juga memiliki 50% kemungkinan memberikan kromosom X yang rusak pada putrinya. Itu tidak memberikan putri penyakit hemofilia, tetapi tidak mengakibatkan putri menjadi pembawa hemofilia. Jadi itu mungkin salah satu anaknya suatu hari nanti bisa memiliki penyakit.



Itulah alasan mengapa hemofilia menjadi penyakit yang menakutkan dan juga penyakit yang dipengaruhi atau di turunkan oleh kedua orang tua .

0 komentar:

Posting Komentar

the hardest game ever