Traveler IQ
The Traveler IQ challenge ranks your geographic knowledge against 9,964,417 other travelers. Brought to you by TravelPod, a member of the TripAdvisor Media Network

Kamis, 18 April 2013

respirasi pada paru-paru

 bagaimana cara kita bernafas ?mungkin kita akan bertanya-tanya ,memang paru0paru yang menjadi aktor utama dalam proses respirasi dan inilah penjelasanya
Jaringan saluran udara

Paru-paru Anda adalah sepasang organ seperti spons besar yang hampir mengisi rongga dada Anda. Paru kiri sedikit lebih kecil dari paru-paru kanan Anda, untuk membuat ruang bagi jantung Anda.

Ketika Anda bernapas, Anda mengisap udara melalui hidung dan mulut dan ke bawah tabung yang disebut trakea. Trakea Anda membagi menjadi dua tabung yang disebut bronkus primer. Satu memasuki masing-masing paru-paru. Dari sana, bronkus semakin cabang ke saluran udara yang lebih kecil, yang akhirnya menyebabkan kantung udara kecil yang disebut alveoli. Ini jaringan yang rumit dari saluran udara tampak seperti pohon terbalik.

bertukar gas

Alveoli Anda dikelilingi oleh pembuluh darah menit, karena ini adalah di mana gas berdifusi dari paru-paru ke dalam darah Anda dan dari darah ke paru-paru Anda. Oksigen mengalir dari alveoli ke dalam darah dan karbon dioksida, yang dihasilkan ketika sel-sel Anda memecah nutrisi, melewati dari darah ke alveoli Anda.

Luas total permukaan alveoli Anda adalah tentang ukuran lapangan tenis. Namun, jika Anda tidak melakukan olahraga berat, Anda hanya menggunakan sekitar satu-dua puluh gas-bertukar permukaan paru-paru Anda.

Bernapas masuk dan keluar

Anda biasanya bernapas masuk dan keluar sekitar 500 ml udara 15 kali per menit. Sistem saraf Anda secara otomatis meningkatkan laju dan kedalaman pernapasan Anda jika tubuh Anda membutuhkan lebih banyak oksigen, misalnya ketika Anda sedang melakukan latihan.

Air dipaksa masuk dan keluar dari paru-paru Anda dengan gerakan diafragma dan otot-otot pernapasan lainnya. Ketika Anda menarik napas, otot-otot pernapasan Anda, menarik tulang rusuk Anda ke atas dan keluar. Ruang dalam dada Anda meningkat dan mengurangi tekanan udara di dalam paru-paru Anda. Akibatnya, udara mengalir ke dalam paru-paru Anda. Ketika Anda bernapas keluar, otot-otot Anda rileks dan tulang rusuk Anda bergerak turun dan masuk Ruang dalam dada menurun lagi, tekanan di dalam paru-paru Anda meningkat, dan udara mengalir keluar.

0 komentar:

Posting Komentar

the hardest game ever