Traveler IQ
The Traveler IQ challenge ranks your geographic knowledge against 9,964,417 other travelers. Brought to you by TravelPod, a member of the TripAdvisor Media Network

Rabu, 01 Mei 2013

Donor darah dan faktanya


Donor darah ,apakah kamu pernah melakukanya, mendonorkan darah merupakan salah satu hal yang mulia dan baik karena dapat membantu menyelamatkan nyawa seseorang

Tahukah kamu jika :
Setiap tahun, lebih dari 10 juta anak-anak dunia dan orang dewasa menerima transfusi darah. itu berarti jika, transfusi darah membantu menyelamatkan nyawa manusia setiap hari!



Jadi, apa transfusi dan mengapa seseorang memerlukanya?

Apakah Transfusi ?

Sebuah transfusi darah  adalah cara memberikan darah satu orang ke orang lain yang membutuhkannya. Ketika Anda membutuhkan darah, Anda benar-benar membutuhkannya karena tubuh Anda tidak akan bekerja dengan baik tanpa darah yang sehat cukup. Jantung anda memompa darah melalui pembuluh darah yang menjangkau setiap organ dan jaringan dalam tubuh. Salah satu pekerjaan darah yang paling penting adalah untuk memberikan oksigen ke setiap sel dalam tubuh. Dan tanpa oksigen, tubuh tidak dapat bertahan hidup.

Transfusi darah yang mungkin karena relawan menyumbangkan darah mereka. Yang membuatnya tersedia di rumah sakit. Ini mungkin terdengar menakutkan untuk mendonorkan darah, tapi itu aman dan tidak ada masalah besar bagi orang yang sehat untuk menyumbangkan sejumlah kecil - biasanya 1 liter (473 mililiter).
Sehat, darah yang disumbangkan adalah hal yang sangat berharga. Mereka bahkan menyebut tempat yang mengumpulkan itu bank darah. Dapatkan? Sebuah bank adalah tempat yang aman untuk uang dan barang berharga lainnya.



Orang yang memiliki penyakit tertentu seperti infeksi hepatitis atau HIV tidak diizinkan untuk mendonorkan darah, karena mereka bisa menularkan penyakit mereka ke orang lain melalui transfusi darah. Setelah darah yang dikumpulkan, bank darah menguji sangat hati-hati untuk memastikan darah bebas dari penyakit dan kuman. Bank darah membuang setiap darah yang mengandung penyakit dan kuman yang bisa membuat seseorang sakit.

Bank darah juga sangat berhati-hati untuk tidak mencemari hal-hal seperti jarum. Orang yang mengumpulkan darah yakin untuk menggunakan jarum baru dan peralatan koleksi segar untuk setiap donor. Dengan cara itu, bahkan jika darah seseorang yang terinfeksi, tidak dapat menyebar ke orang lain atau mencemari darah yang sehat lainnya di bank darah.

Mengapa dan Apakah Transfusi darah itu?

Transfusi sering dibutuhkan untuk menyelamatkan nyawa anak-anak dan orang dewasa yang memiliki masalah medis yang mengancam jiwa. Seseorang mungkin membutuhkan darah jika mereka sudah dalam kecelakaan buruk, menjalani operasi yang menyebabkan kehilangan darah, atau memiliki penyakit tertentu, seperti kanker atau anemia sel sabit. Bayi-bayi kecil yang lahir terlalu dini juga mungkin perlu transfusi untuk tetap sehat saat mereka tumbuh.



Dalam transfusi, seseorang mungkin mendapatkan seluruh darah - yang berarti mereka menerima darah seperti itu keluar dari orang yang disumbangkan. Tapi biasanya seseorang perlu hanya sebagian dari darah. Darah memiliki bagian yang berbeda, atau komponen dan masing-masing memiliki pekerjaan yang harus dilakukan:

1. Plasma darah berwarna kekuningan, cairan berair yang memegang sel darah merah, sel darah putih, dan trombosit.
2. Sel darah merah mengambil oksigen di paru-paru dan kemudian pindah ke hati Anda sehingga oksigen yang dipompa ke seluruh tubuh Anda.
3. Sel darah putih melawan kuman yang bisa membuat tubuh Anda sakit.
4. Trombosit adalah sel yang membuat luka Anda berhenti pendarahan. Mereka tetap bersatu dan menyumbat pembuluh darah dipotong sehingga tidak ada lagi darah akan mengalir keluar.
5. Sel darah merah, plasma, dan platelet umum digunakan dalam transfusi. Sel darah merah membantu orang yang telah kehilangan banyak darah atau anemia. Dokter dan perawat memberi orang plasma jika mereka pendarahan terlalu banyak, dan platelet membantu orang dengan jenis kanker tertentu atau masalah pendarahan.

Apa yang Darah Akan Lakukan

Rumah sakit harus berhati-hati ketika mereka memberikan transfusi darah. Orang-orang memiliki jenis darah yang berbeda - dan tidak semua darah akan bekerja pada semua orang. Apakah Anda tahu golongan darah Anda? Ibu atau ayah mungkin. Anda mungkin pernah mendengar tentang sistem yang paling umum untuk pelabelan jenis darah: tipe A, B, AB dan O. Ini disebut sistem ABO untuk mengetik darah.

Tapi jangan khawatir jika tidak ada yang tahu. Jika Anda merasa perlu darah, rumah sakit akan sangat cepat mengetahui golongan darah Anda dan bahkan mungkin melakukan tes tambahan untuk memastikan Anda mendapatkan yang tepat darah. Darah akan diuji terhadap darah sebelum diberikan untuk memastikan itu adalah kompatibel dengan darah Anda. Tes ini disebut metode pencocokan.

Apa yang Terjadi Selama Transfusi darah ?

Sebelum seseorang mendapat darah, mereka harus memberikan sedikit. Kenapa? Jadi sampel darah dapat diuji untuk menentukan golongan darah Anda dan pertandingan terbaik dari bank darah. Untuk mendapatkan sampel, infus akan dimasukkan ke dalam pembuluh darah di tangan atau lengan seseorang. Ini akan merasa seperti tergigit semut kecil, tapi hanya ketika pertama kali berjalan masuk darah akan ditarik melalui saluran , yang melekat pada jarum suntik.

Seorang perawat akan membawa sekantong darah yang telah dipilih secara khusus untuk orang tersebut. Tas akan menggantung di tiang dekat tempat tidur rumah sakit dan tabung akan dimasukkan ke dalam kantong. Kantong darah biasanya hangat sebelum masuk ke tubuh seseorang. Kemudian darah dapat melakukan perjalanan dari tas,  dan ke pembuluh darah seseorang.

Sebagian besar waktu, orang tersebut tidak merasakan ketidaknyamanan ketika darah berjalan masuk Selama transfusi, perawat dan lain-lain akan memastikan orang merasa OK. Seorang perawat mengawasi suhu seseorang dan tekanan darah. Perawat juga terlihat untuk memastikan tidak ada tanda-tanda ruam atau lainnya reaksi alergi.

Transfusi dapat dilakukan dengan sangat cepat, jika perlu, seperti dalam situasi darurat. Tapi ketika itu tidak darurat, transfusi bisa terjadi lebih lambat, mengambil beberapa jam untuk menyelesaikan. Ketika transfusi selesai, orang tersebut telah mengambil langkah besar ke arah yang sehat dan merasa baik lagi.


0 komentar:

Posting Komentar

the hardest game ever