Traveler IQ
The Traveler IQ challenge ranks your geographic knowledge against 9,964,417 other travelers. Brought to you by TravelPod, a member of the TripAdvisor Media Network

Selasa, 19 Maret 2013

Pegasus

HEWAN MITOLOGI PEGASUS
 
Pegasus digambarkan sebagai kuda putih bersayap. Namanya berasal dari bahasa Yunani “pegai” yang berarti sumur/ mata air, atau “pihassas” yang berarti petir. Kisahnya berawal dari Poseidon, dewa Laut dan penguasa kuda, yang jatuh cinta pada dara cantik Medusa. Marah karena kuilnya dijadikan tempat bercinta, Athena mengutuk Medusa menjadi monster berambut ular. Ketika Perseus memenggal leher Medusa, dari darahnya lahir Pegasus dan saudaranya, ksatria bernama Chrysaor –sang Pedang Emas. Pegasus terbang ke Gunung Helicon, tempat tinggal dewi-dewi musa. Pada tempat ia menjejakkan kaki muncullah mata air yang kemudian dinamai Hipocrene, the horse’s spring.

Ketika Bellerophon, yang diutus Raja Lycia mengutus membasmi monster Chimaera, bermalam di kuil Athena, sang dewi datang dalam mimpi memberikan tali kekang emas serta menunjukkan keberadaan Pegasus. Setelah tugasnya tuntas Bellerophon berambisi terbang ke puncak Olympus, tempat tinggal dewa-dewa. Zeus, pimpinan para dewa, menjadi murka dan mengutus serangga menyengat Pegasus. Bellerophon jatuh. Nyawanya diselamatkan Athena tapi ia menjadi buta. Sisa hidupnya dihabiskan sebagai pengembara yang dibenci dewa maupun manusia. Ia tak pernah lagi bertemu dengan Pegasus. Sementara itu Pegasus mencapai Olympus. Ia membawakan petir Zeus, dan akhirnya diabadikan menjadi gugusan bintang.

0 komentar:

Posting Komentar

the hardest game ever