Traveler IQ
The Traveler IQ challenge ranks your geographic knowledge against 9,964,417 other travelers. Brought to you by TravelPod, a member of the TripAdvisor Media Network

Jumat, 24 Mei 2013

Pengertian larutan elektrolit dan non elektrolit contohnya

Tahukah kamu apakah itu larutan elektrolit dan larutan non elektrolit
Kali ini saya akan membahasnya.

Larutan elektrolit dan larutan non elektrolit merupakan salah satu jenis larutan yang ada dalam bidang kimia,
sesuai dengan namanya larutan elektrolit adalah larutan yang mengandung ion dan umumnya bisa menghantarkan listrik begitupun juga pada larutan non elektrolit yang tek mengandung ion sehingga tidak dapat menghantarkan listrik.



Berdasarkan sifat daya hantar listriknya, larutan dibagi menjadi dua yaitu larutan elektrolit dan larutan non elektrolit. Sifat elektrolit dan non elektrolit didasarkan pada keberadaan ion dalam larutan yang akan mengalirkan arus listrik. Jika dalam larutan terdapat ion, larutan tersebut bersifat elektrolit. Jika dalam larutan tersebut tidak terdapat ion larutan tersebut bersifat non elektrolit.


Larutan elektrolit adalah larutan yang dapat menghantarkan arus listrik. Larutan non elektrolit adalah larutan yang tidak dapat menghantarkan arus listrik. Hantaran listrik melalui larutan dapat dtunjukkan dengan alat uji elektrolit . Jika larutan menghantarkan arus listrik, maka lampu dalam rangkaian tersebut akan menyala dan timbul gas atau endapan pada salah satu atau kedua elektroda.

 
 MENGAPA LARUTAN ELEKTROLIT DAPAT MENGHANTARKAN LISTRIK DAN NON ELEKTROLIT TIDAK ?
itu karena larutan elektrolit mengandung ion positif dan ion negatif sehingga bisa menghantarkan listrik ,sehingga dengan keberadaan kedua ion itu dapat mencukupi sehingga bisa menghantarkan listrik.

Contoh lain adalah, bila NaCl dilarutan dalam air akan terurai menjadi ion positif dan ion negatif. Ion positif yang dihasilkan dinamakan kation dan ion negatif yang dihasilkan dinamakan anion. Larutan NaCl adalah contoh larutan elektrolit.




Larutan gula merupakan salah satu contoh larutan non elektrolit bagaimana bisa ?
Bila gula dilarutkan dalam air, molekul-molekul gula tersebut tidak terurai menjadi ion tetapi hanya berubah wujud dari padat menjadi larutan. Larutan gula adalah contoh dari larutan non elektrolit.

Dalam kehidupan sehari-hari kita banyak menemukan contoh larutan elektrolit maupun non elektrolit.

1. Contoh larutan elektrolit: larutan garam dapur, larutan cuka makan, larutan asam sulfat, larutan tawas, air sungai, air laut.

2. Contoh larutan non elektrolit adalah larutan gula, larutan urea, larutan alkohol, larutan glukosa.

Banyak jenis larutan elektrolit dan non elektrolit dalam dunia ini  namun hanya yang tercantum di atas yang paling banyak dikenal.

1 komentar:

Posting Komentar

the hardest game ever